Test Drive Honda Accord Terbaru Indonesia

Test Drive Honda Accord Terbaru Indonesia | Ketika PT Honda Pros­pect Motor (HPM) meluncurkan New Honda Accord, secara kasatmata terlihat tidak ada perubahan di eksterior dan interiornya. Karena penasaran, kami coba melihat langsung secara mendetail di kantor pusat HPM, Sunter.

Setelah kami perhatikan ternyata ada yang berbeda dengan logo ‘H’ di bagian depan tengah gril. Logo tersebut dilapisi kaca bening yang terkesan untuk melindungi logo khas produk Honda. Kami bertanya-tanya, apakah iya kaca ini hanya sekadar penghias dan melindungi logo H agar tidak kotor?

Ternyata HPM memberi jawaban bahwa kaca yang terdapat pada logo Honda itu berfungsi untuk memancarkan sensor radar bernama Milimeter Wave Radar. Sensor ini bekerja pada dua fitur terbaru Honda Accord yakni Adaptive Cruise Control (ACC) dan Collision Mitigation Braking System (CMBS).

Fitur pertama yakni ACC bekerja dengan cara membaca jarak kendaraan di depan mobil Anda. Secara otomatis mobil dapat mengatur akselerasi atau de­selerasi tanpa harus me­ng­injak pedal untuk mempertahankan jarak aman.

Cara mengaktifkannya pun cukup mudah, cukup menekan tombol Main kemudian tombol -/SET di setir. Ketika muncul ikon ACC di layar Multi Information Display (MID) maka tanda bahwa fitur sudah aktif. Tetapi syaratnya transmisi harus beada di posisi D atau S dengan kecepatan mobil lebih dari 40 km/jam dan jarak antara sensor radar dengan mobil di depan sepanjang 120 meter.

Ada tiga cara untuk menonaktifkan fitur ACC ini, bisa melalui tombol Cancel di setir, atau menekan kembali tombol Main dan cara terakhir ialah menekan pedal rem. Sehingga ketika mobil melaju dan Anda mengaktifkan ACC, dan ketika pedal rem diinjak secara otomatis fitur sudah non aktif.

Fitur lainnya yang juga menggunakan sensor radar ialah CMBS yang memperingatkan adanya potensi benturan dengan kendaraan di depan. Fitur ini mirip dengan fitur Smart City Brake Support (SCBC) milik Mazda. Bedanya bila Mazda langsung mengerem otomatis ketika jarak mobil terlalu dekat dengan kecepatan tertentu, fitur CMBS milik Honda ada tahapannya.

Fitur CMBS memiliki tiga peringatan ketika diaktifkan. Peringatan pertama berupa audio visual yakni berupa bunyi dan tanda peringatan di MID. Kedua adalah seatbelt yang secara otomatis mengencang sendiri sebagai tanda bahwa jarak dengan mobil di depan terlalu dekat. Peringatan terakhir adalah rem otomatis secara bertahap untuk mencegah benturan.

Sama seperti SCBS Mazda, fitur CMBS bisa berfungsi ketika mobil melaju dengan kecepatan di atas 15 km/jam. Selain itu sensor radar mendeteksi ada kendaraan di depan Anda, bila kecepatan kendaraan di depan lebih dari 15 km/jam dan berpotensi terjadinya tabrakan maka fitur CMBS akan berfungsi. Anda bisa menonaktifkan fitur ini melalui tombol di kanan bawah setir dengan tulisan CMBS OFF bila fitur ini terasa menganggu untuk perjalanan Anda.

Fitur terakhir yang masih berhubungan dengan keamanan adalah Lane Keeping Assist System (LKAS). Berbeda dari dua fitur sebelumnya, fitur ini bekerja melalui sensor Monocular Camera yang terpasang pada bagian belakang spion tengah. Fitur ini membantu Anda untuk menjaga mobil tetap pada jalurnya dengan mendeteksi marka jalan.

Sayangnya menurut kami pada bagian setir sebelah kanan terlalu ramai tombol termasuk tombol dua fitur baru. Padahal dekat tombol CMBS OFF masih ada ruang untuk Honda bisa menaruh tombol fitur lainnya.

Berhubung Honda Accord adalah sebuah sedan mewah dimana pemilik mobil duduk di baris kedua maka kami penasaran mencoba baris kedua. Kaki mendapat ruang yang lega dengan postur tubuh 175 cm. Sandaran punggung juga tidak terlalu tegak sehingga tetap nyaman meski berada ditengah kemacetan.

Urusan performa, New Honda Accord masih menggunakan mesin yang sama dengan kapasitas 2.356 cc i-VTEC. Mesin ini menciptakan tenaga 176 dk pada 6.200 rpm dan torsi 225 Nm pada 4.000 rpm. Pun begitu dengan transmisi yang belum mengusung jenis CVT seperti pada Mobilio atau Jazz terbaru alias masih mengandalkan otomatis 5 percepatan.

Namun yang perlu diperhatikan Accord terbaru ini bukanlah penambahan tipe. Justru nantinya hanya ada satu tipe yakni Vti-L ES. Sementara dua tipe lainnya yakni VTi dan VTi-L sudah tidak dijual lagi kedepannya.

HPM membanderol New Honda Accord Rp 650 juta. Ada perbedaan signifikan dari tipe tertinggi pada generasi sebelumnya yang dibanderol Rp 583 juta (VTi-L). Selisih Rp 67 juta dengan penambahan tiga fitur menurut kami hal yang wajar karena memang perubahan teknologi mempunyai cost lebih besar dibanding perubahan eksterior maupun interior.

Sumber

Dapatkan Promo Penawaran Terbaik dan bonus menarik lainnya, melalui Form Simulasi Kredit (Ajukan Online sekarang juga, proses cepat & mudah)
Untuk mengetahui secara detil setiap angsuran Honda, bisa menggunakan Form Simulasi kredit dibawah ini
SIMULASI KREDIT
_____________________________________________________________________________
Atau Hubungi Kami Langsung di no
Klik Telp: 085277956145
Klik Whatsapp: 085277956145
_____________________________________________________________________________
Atau Tukarkan mobil bekas anda dengan mobil baru Honda menggunakan form Tukar Tambah dibawah ini

Harga Wuling confero S Bandung
Posted in News and tagged , .