BR-V

Tes Drive Honda BR-V Transmisi Manual

Tes Drive Honda BR-V Transmisi Manual | PT Honda Prospect Motor juga merilis BR-V bertransmisi manual di Indonesia. Biasanya mobil bertransmisi manual punya karakter lebih asyik dikendarai ketimbang unit bertransmisi otomatis. Benarkah demikian? Kami mencoba Honda BR-V manual di Indonesia.

Honda BR-V totalnya memiliki 3 pilihan varian: E Prestige, E dan S. E Prestige sang flagship hanya tampil dalam 1 pilihan transmisi yakni matik CVT sedangkan E punya 2 opsi yakni matik CVT dan manual 6-speed, sementara S cuma hadir dalam manual 6-speed.

Honda BR-V yang sedang kami tes ini merupakan tipe E manual yang merupakan tipe menengah di dinasti BR-V. Transmisi manual ini terlihat menjanjikan berkat rasio 6-percepatan. Diharapkan dengan perbandingan gigi yang lebih banyak, BR-V manual bisa bergerak sigap saat berakselerasi tapi tetap halus saat melaju konstan di kecepatan jelajah.

Interior Honda BR-V

Interior Honda BR-V

Oh ya, sebelumnya kami sudah melakukan tes awal Honda BR-V bertransmisi matik CVT di Jepang pada Oktober 2015 lalu. Kini pengetesan kami fokuskan pada perbandingan rasa berkendara BR-V manual dengan BR-V matik.

Setelah mesin kami nya lakan dengan memutar anak kunci, unit 1.497 cc berteknologi i-VTEC berdegup lembut. Mesin ini merupakan mesin yang sama dengan milik Jazz, Freed, City dan Mobilio namun dengan set komputer mesin berbeda. Di engine bay BR-V, jantung mekanis ini memproduksi 120 dk yang sekaligus menjadikannya subyek paling bertenaga di antara semua Compact SUV 7 penumpang di Indonesia.

Spec Honda BR-V

Perpindahan gigi dari netral ke 1 terasa enteng dan mudah. Lalu saat berakselerasi kuat dari diam dengan berpindah dari gigi 1 ke 2, tuas perseneling tetap menunjukkan kenyamanannya. Tidak seakurat mobil-mobil sports bertransmisi manual yang seperti ‘diarahkan’ pada jalurnya memang, namun di BR-V pergeserannya tetap terasa mudah tanpa takut terjadi missed gear.

Dengan rasio 6-speed, ‘nafas’ transmisi jadi pendek-pendek. Ini membuat pengemudi lebih sering memindahkan gigi jika ingin menjaga putaran mesin sehalus mungkin. Tapi bagi pengemudi antusias, aktivitas ini justru menyenangkan.

Apalagi jika dibanding BR-V matik, sensasi entakan lebih terasa saat pedal gas diinjak dalam. Gaya dorong ini turut membuat BR-V manual terasa lebih fun to drive.

Oh ya, seperti lazimnya transmisi CVT yang membuat mesin berteriak lebih awal sebelum masuk kecepatan tinggi di akselerasi keras, lengkingan mesin pada BR-V manual lebih terasa riil karena volume lengkingannya seiring dengan pertambahan kecepatan. Sayang karena keterbatasan lahan, kami tidak bisa meneruskan pengetesan hingga melaju konstan di kecepatan tinggi. Untuk itu tunggu pengetesan lengkap kami nanti.

Soal pengendalian, BR-V sebagaimana karakter Honda cukup presisi untuk menikung. Terlepas ia memiliki ground clearance 201 mm yang terhitung tinggi, set suspensi yang kaku membuat kapabilitas manuvernya terjaga. Namun, memang banting an jadi agak keras terutama jika kabin tidak terisi penuh.

Di aspek penampilan, varian E ini tidak dilengkapi body-kit seperti pada E Prestige yang tampil lebih sporti. Tapi meski begitu, sejatinya ia sudah terlihat dinamis dan tangguh berkat siluet bodi dan desain fender roda.

Suasana kabin pun juga positif karena desainnya enak dilihat. Lihat saja model dasbor yang terkesan lebih ‘mahal’ karena mirip dengan dasbor Jazz. Penggunaan warna interior se perti jok berkelir hitam pun ikut menambah kesan elegan BR-V.

Sumber

Dapatkan Promo Penawaran Terbaik dan bonus menarik lainnya, melalui Form Simulasi Kredit (Ajukan Online sekarang juga, proses cepat & mudah)
Untuk mengetahui secara detil setiap angsuran Honda, bisa menggunakan Form Simulasi kredit dibawah ini
Form Simulasi Kredit
_____________________________________________________________________________
Atau Hubungi Kami Langsung di no
Klik Telp: 085277956145
Klik Whatsapp: 085277956145
_____________________________________________________________________________
Atau Tukarkan mobil bekas anda dengan mobil baru Honda menggunakan form Tukar Tambah dibawah ini

Posted in BR-V, News and tagged , , .